Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Etika dalam Menyampaikan Pendapat, di Sebuah Forum

Etika dalam Menyampaikan Pendapat, di Sebuah Forum

Etika dalam menyampaikan pendapat yang terlupakan

Aspirasiproletar.com-Negara Indonesia memberikan kebebasan rakyatnya dalam menyampaikan sebuah pendapat, namun kebebasan itu haruslah memiliki etika dalam menyampaikan pendapat

Duduk dalam sebuah forum biasanya merupakan menjadi sebuah ajang untuk mengemukakan pendapat. Namun sayangnya etika dalam menyampaikan pendapat masih sangat kurang. Terlebih yang memberikan pendapat adalah orang-orang yang berpendidikan. Seharusnya bisa memberikan contoh yang baik saat akan mengemukakan pendapat.

Tentu Anda sendiri pun bertanya-tanya, seperti apa etika dalam menyampaikan pendapat seharusnya. Meskipun hanya orang biasa, namun saat etika dalam memberikan suatu pendapat akan membuat pandangan anggota forum akan berbeda. Mereka akan lebih menghargai Anda.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk menyampaikan pendapat? 

5 Etika Dalam Menyampaikan Pendapat

1. Menyampaikan pendapat dengan cara yang sopan

Etika pertama ini wajib untuk Anda miliki. Tidak hanya saat mengemukakan pendapat, bersikap sopan dan santun dalam berbagai tindakan juga harus dimiliki. Karena sikap sopan dan santun itu juga menggambarkan kalau Anda adalah sosok orang berpendidikan, bahkan memiliki wibawa.

2. Sesuaikan dengan kapasitas diri pribadi

Tidak ada salahnya bila ingin memberikan pendapat di sebuah forum, hanya saja sebelum Anda berpendapat, sebaiknya ketahui dan pahami dengan pasti mengenai tema yang diangkat dalam forum tersebut. Jangan sampai mengemukakan pendapat tapi tidak paham akan pendapat yang akan dilontarkan.

3. Mempunyai dasar argumen yang jelas dan kuat

Saat hendak berpendapat, sebaiknya Anda memiliki dasar argumen yang tidak hanya kuat, tetapi juga jelas. Bahkan akan lebih baik lagi kalau Anda memiliki beberapa data dan fakta yang akan menunjang pendapat yang disampaikan. Dengan demikian pendapat yang Anda sampaikan akan diterima dengan baik dan sesuai dengan logika.

4. Jangan pernah memotong pendapat orang lain

Etika berikut ini juga masuk dalam sopan dan santun. Alangkah baiknya untuk mendengarkan pendapat dari orang lain sebelum Anda menyanggahnya. Dengarkan dengan cermat dan catat semua inti pendapat yang dikemukakan, dengan demikian saat Anda akan membalikkan pendapat dapat dilakukan dengan cara yang baik pula.

5. Jangan mencoba untuk menyerang pihak lawan bicara

Tidak ada salahnya untuk menentang pendapat orang lain yang notabenenya adalah lawan bicara Anda. Namun yang harus Anda pastikan adalah tidak melakukan penyerangan apabila pihak lawan tidak sejalan dengan isi dari forum.

Bagaimana, sudah paham dengan etika dalam menyampaikan pendapat di atas? Semoga dengan ulasan ini bisa menjadi salah satu referensi yang tepat untuk Anda pribadi ataupun sekitar.


Post a Comment for "5 Etika dalam Menyampaikan Pendapat, di Sebuah Forum"