Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tujuan dan Manfaat Dana Desa, Untuk Kesejahteraaan Pedesaan

Tujuan dan Manfaat Dana Desa

Tujuan dan Manfaat Dana Desa

Banyak orang mendengar tentang dana, sebenarnya apa tujuan dan manfaat dana desa bagi desa itu sendiri?. Dana desa merupakan suatu faktor penting agar terciptanya kesejahteraan di sektor desa. Pemanfaatan dana desa diharapkan dapat memperlancar proses pembangunan di desa tersebut. Baik itu dari segi pembangunan infrastruktur, ekonomi, dan juga sosial.

Adapun pengertian dana desa adalah sebagian dana yang diperoleh dari pemerintah, kepada kepala desa. Dana desa didapat dari sebagian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), yang berjumlah paling sedikit ialah 10 persen dari APBN.

Tujuan dana desa

Tujuan dan Manfaat Dana Desa
  1. Menolong menangani persoalan ekonomi di desa, diantaranya angka kemiskinan dapat dikurangi, angka pengangguran dapat di turunkan, pergerakan urbanisasi dapat dihambat dan kesenjangan sosial dapat ditekan;
  1. Menolong pendayagunaan ekonomi warga desa, menolong pemerataan pembangunan dan hasilnya, membuat infrastruktur dan membuat kesempatan dan lapangan pekerjaan baru;
  1. membentuk sumber daya manusia (SDM) di desa menjadi berkualitas melalui, melaksanakan pembimbingan, tuntunan dan pengiringan, dan pengawasan yang lebih teratur dan sama-sama berhubungan.;
  1. Memperkokoh pengaturan, koalisi, dan kolaborasi pada penerapan program yang jadi fokus utama pembangunan desa dari tingkat pemerintahan pusat, wilayah, kecamatan, sampai desa itu sendiri;

Manfaat dana desa

Dana dusun diutamakan manfaatnya untuk membayar pembangunan dan pendayagunaan warga yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan, kualitas hidup, dan pengendalian kemiskinan, yang dituangkan dalam Gagasan Kerja Pemerintahan Desa.

1. Penuntasan kemiskinan

Tujuan dan Manfaat Dana Desa

Dana desa mempunyai efek yang luas, dari sisi kemiskinan sampai tumbuhkan ekonomi di perdesaan. Dari segi kemiskinan, dengan dana desa, angka kemiskinan di dusun turun 2x lipat dibanding di kota. Ini terjadi akibat dampak dari adanya dana desa.

Adanya dana desa ini, warga dapat manfaatkan sesuai keperluannya untuk tingkatkan keproduktifannya dan membenahi kualitas hidup di pedesaan. Realisasi dana dusun memberikan dukungan rutinitas ekonomi supaya masih bergerak dalam masyarakat walau ada kendala global yang mengusik.

2. Dana desa untuk tujuan pembangunan

Tujuan dan Manfaat Dana Desa

Membuat pembangunan berawal dari desa adalah loyalitas pemerintahan untuk mendatangkan pemerataan ekonomi yang berkeadilan. Itu penyebabnya jumlah dana desa dinaikkan tiap tahunnya, dengan bantuan yang sangat besar diharapkan dapat digunakan untuk tingkatkan kesejahteraan rakyat seperti yang diharapkan.

Itulah tujuan dan manfaat dana desa untuk men-sejahterahkan pada sektor pedesaan.

Post a Comment for "Tujuan dan Manfaat Dana Desa, Untuk Kesejahteraaan Pedesaan"