Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Aspirasi Proletar: Pengertian dan Manfaat

Mengenal Aspirasi Proletar: Pengertian dan Manfaat

Mengenal Aspirasi Proletar

Aspirasiproletar.com-Kali ini penulis akan membahas mengenai pengertian dan mengenal aspirasi proletar, yang mungkin selama ini seringkali diucapkan oleh berbagai kalangan, namun apa pengertian atas kata tersebut?.

Aspirasi adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Aspirasi adalah suatu harapan serta tujuan untuk keberhasilan pada masa yang akan datang (KBBI). Sehingga aspirasi dapat dikatakan sebagai, sebuah pengharapan dari suatu individu kepada sebuah pencapaian pada masa depan.

Pengertian aspirasi

Banyak kalangan baik dari para ahli maupun akademisi, yang memberikan sumbangan untuk mendefinisikan kata aspirasi tersebut. Misalnya saja :

Menurut Amirudin aspirasi terbagi menjadi dua tingkatan, yaitu pada peran ide dan struktural. Aspirasi ide adalah gagasan verbal yang berasal dari masyarakat luas. Adapun aspirasi struktrual adalah keikutsertaan secara langsung pada kegiatan yang dibuat oleh pemerintah.

Menurut Bank Dunia aspirasi adalah keahlian dengan tujuan mempengaruhi serta mendukung  dalam suatu proses pembangunan.

Menurut Slameto (2003) aspirasi adalah sebuah harapan atau keinginan seseorang pada pencapaian keberhasilan akan suatu prestasi tertentu.

Menurut Hurlock (1979) aspirasi adalah suatu keinginan serta usaha yang kuat untuk meraih suatu hal yang sangat tinggi dari tingkatan yang sekarang.

Macam-macam aspirasi

Banyak aspirasi yang sering kita jumpai mengenai macam-macam aspirasi, misalnya:

1. Aspirasi proletar;

2. Aspirasi rakyat;

3. Aspirasi siswa/mahasiswa.

Aspirasi terdiri dari berbagai macam karena, tergantung bagaimana aspirasi itu berasal. Contohnya jika suatu kelompok mengharapkan sebuah hukum yang adil dan tidak terkesan tajam ke bawah, maka dapat dikatan sebagai aspirasi rakyat.

Penyampaian aspirasi

Menurut Marwati (2007) ada macam-macam penyamapian aspirasi yang dapat disimpulkan, yaitu:

1. Aspirasi dalam bentuk tulisan;

2. Aspirasi dalam bentuk lisan;

3. Aspirasi dalam bentuk unjuk rasa/demonstrasi.

Proletar adalah

Sebutan bagi mereka kaum kelas kedua yaitu kaum pekerja, yaitu kaum yang tidak memiliki apapun kecuali tenaga. Kaum pekerja ini bergantung hidup pada mereka kaum borjuis (penyedia modal/tuan tanah), melalui menjual tenaga untuk dapat bisa bertahan atau tetap eksis.

Pengertian proletar

Mengenal Aspirasi Proletar: Pengertian dan Manfaat
Foto wajah Karl Marx

Kata proletar atau konsepnya berawal dari pemikiran pakar sosiologi terkenal yaitu Karl Max. Di mana Karl Max menganggap masyarakat terdiri dari dua bagian yaitu, borjuis dan proletar.  Kata proletar tersebut diadaptasi dari istilah Marxian, yang memiliki makna yang merujuk kepada kelompok miskin.

Kelompok miskin yang dimaksud disini bukan saja mengenai pada status pekerjaan, melainkan juga pada status kepemilikan alat-alat produksi. Contohnya buruh tani, buruh bangunan (kuli), sopir, ojek online, dan lain-lain. Di mana pekerjaan yang telah disebutkan di atas merupakan pekerjaan yang menggantung hidupnya pada mereka kaum borjuis (pemilik modal/alat-alat produksi).

Kata “miskin” merupakan wadah yang dapat mewakili kaum proletar, terutama ketika menuntut sebuah keadilan yang mana mereka ditindas oleh sistem. 

Kesimpulan

Berdasarkan pemaparan yang telah dijelaskan di atas, aspirasi proletar adalah sebuah harapan baik dari individu maupun kelompok buruh, pada suatu pencapaian yang lebih tinggi. Contohnya sebuah kesejahteraan, upah yang sesuai dengan tenaga, keadilan, dll.

Itulah artikel tentang mengenal aspirasi proletar, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca setia aspirasiproletar.com


Post a Comment for "Mengenal Aspirasi Proletar: Pengertian dan Manfaat"

Berlangganan via Email