Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli

 

Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli

Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli

Aspirasiproletar.com-Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli adalah sebuah cara untuk lebih mengetahui sebuah makna kata secara terminologi. Berikut 15 pengertian korupsi menurut para ahli yaitu:

1) Menurut UU No. 20 Tahun 2001 Korupsi adalah tindakan melawan hukum dengan tujuan memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korupsi yang berakibat merugikan negara atau perekonomian negara.

2) Menurut UU No.24 Tahun 1960 adalah perbuatan seseorang, yang dengan atau karena melakukan suatu kejahatan atau dilakukan dengan penyalahgunaan jabatan atau kedudukan.

3) Menurut Kartono adalah pola perilaku yang menggunakan kekuasaan untuk mengambil keuntungan pribadi, dan atau merugikan kepentingan umum dan negara.

4) Menurut Haryatmoko adalah kegiatan yang menggunakan kekuasaannya, sehingga memiliki kemampuan untuk campur tangan untuk menyalahgunakan informasi, keputusan, pengaruh, uang atau kekayaan demi kepentingan keuntungan pribadi/kelompoknya.

5) Menurut Black’s Law Dictionary adalah pola perilaku yang dilakukan dengan tujuan untuk memberikan keuntungan yang ilegal melalui penggunaan hak-hak dari pihak lain. Melalui penggunaan jabatan atau karakternya di dalam memperoleh suatu keuntungan.

6) Menurut UU No.31 Tahun 1999 adalah setiap orang yang dengan sengaja dengan melawan hukum untuk melakukan perbuatan dengan tujuan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang mengakibatkan kerugian keuangan negara atau perekonomian negara.

7) Menurut Syeh Hussein Alatas adalah pola perilaku yang membawahi kepentingan umum di atas kepentingan pribadi. Meliputi pelanggaran norma, tugas dan kesejahteraan umum, yang diakukan dengan kerahasiaan, penghianatan, penipuan dan ketidakpedulian yang berakibat kepada  penderitaan rakyat.

8) Menurut Mubyarto adalah problematika dalam politik yang lebih kompleks lebih dari pada ekonomi. yang berakibat kepada  keabsahan atau legitimasi pemerintah di mata generasi muda, kaum elite terdidik dan para pegawa pada umumnya. Sehingga berdampak negatif pada dukungan kepada pemerintah dari kelompok elite di tingkat provinsi dan kabupaten.

9) Menurut Robert Klitgaard adalah pola perilaku yang menyimpang dari pelaksanaan tugas resmi jabatannya dalam negara, dimana hanya untuk mendapatkan keuntungan berupa status atau uang.

10) Menurut S.Hornby adalah suatu pemberian atau penawaran dan penerimaah hadian berupa suap, serta kebusukan atau keburukan.

11) Menurut Henry Campbell Black adalah suatu perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk memberikan suatu keuntungan diluar kewajiban resmi.

12) Menurut Brooks adalah perbuatan yang melakukan kesalahan dengan sengaja atau melalaikan tugas sebagai kewajiban yang telah diketahui.

13) Menurut Jose Veloso Abueva adalah mempergunakan sumber daya kekayaan negara baik materi dan non materi, dengan tujuan memperkaya diri sendiri/kelompok.

14) Menurut Juniadi Suwartojo adalah pola perilaku seseorang atau kelompok yang melanggar norma-norma yang berlaku, dengan menggunakan dan/atau menyalahgunakan kekuasaan yang dimilikinya.

15) Menurut Philip adalah tingkah laku dan tindakan seseorang pejabat publik yang menyimpang dari kewajibannya. Hanya berdasarkan keingan untuk mendapatkan keuntungan pribadi, atau kelompok.

Itulah Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli yang dirangkum oleh Ap.com. Sehingga diharapkan menambah wawasan dalam pengertian tentang korupsi.

 

Post a Comment for "15 Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli"