Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan 3 Dampak Negatif dari Perkembangan IPTEK?Inilah Penjelasannya

 

jelaskan dampak negatif dari perkembangan iptek

Dampak Negatif dari Perkembangan IPTEK

Aspirasiproletar.com-Kali ini AP.com akan menjelaskan dampak negatif dari perkembangan iptek. Indonesia dewasa ini memang mengalami modernisasi, modernisasi ini dipengaruhi oleh perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)  yang sudah sangat berkembang di segala bidang. 

Perkembangan IPTEK memang banyak dirasakan manfaatnya oleh semua kalangan masyarakat, misalnya karyawan perkantoran atau juga mahasiswa.

Di mana kalangan tersebut memiliki ketergantungan kepada kemajuan IPTEK dalam rangka memenuhi kebutuhan di dalam pekerjaan tugasnya. Namun di balik kemanfaat yang dapat dirasakan, terdapat beragam dampak negatif yang timbul oleh kemajuan IPTEK.

Dampak negatif adalah suatu perubahan yang merubah suatu susunan di masyarakat yang lebih mengarah kepada sebuah kemunduran. Lantas apa saja dampak negatif dari perkembangan IPTEK?

3 Dampak negatif dari perkembangan iptek

  1. Mempermudah penyebaran HOAX
  2. jelaskan dampak negatif dari perkembangan iptek


Di era dewasa ini seseorang tidak lagi perlu membeli koran untuk mendapatkan sebuah informasi terbaru, karena kini IPTEK membawa perubahan pada media informasi, yang mana tadinya adalah berupa media cetak, kini menjadi era digital.

Begitu cepatnya pertukaran informasi yang dibawa oleh kemajuan IPTEK, tidak jarang memunculkan penyebaran berita hoax. Penyebaran hoax terjadi karena ketidakmampuan seseorang dalam mengolah suatu informasi yang didapat. Sehingga menimbulkan informasi yang salah dan juga memicu permasalahan yang  lebih kompleks.

  1. Munculnya budaya serba ingin kemudahan
jelaskan dampak negatif dari perkembangan iptek


Perilaku ini lebih berorientasi kepada sebuah kemudahan yang diberikan oleh IPTEK. Tidak jarang lebih menghargai sebuah hasil, dari pada sebuah proses. Dampak negatif ini dapat dilihat pada pelajar di Indonesia. Di mana kebanyakan para pelajar tersebut lebih memilih perilaku copy paste tugas di internet, namun tidak menguraikan tugas tersebut melalui gaya bahasa sendiri.

Kegiatan mencari tugas di internet memanglah hal yang wajar, namun akan menjadi persoalan jika individu tidak memahami apa yang ia copy paste-kan tersebut.

  1. Perubahan pada interaksi sosial
jelaskan dampak negatif dari perkembangan iptek

Di era digital orang tidak perlu lagi kesulitan dalam interaksi sosial, karena IPTEK membawa kemudahan dalam interaksi sosial di mana tidak perlu lagi mengkhawatirkan ruang dan waktu.

Namun membuat individu cenderung memilih berkomunikasi melalui media HandPhone dari pada bertemu secara tatap muka. Hal tersebut berdampak negatif, yang akan membuat seseorang menjadi tidak cerdas dalam kehidupan sosial

 

Post a Comment for "Jelaskan 3 Dampak Negatif dari Perkembangan IPTEK?Inilah Penjelasannya"