Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk
Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk

Aspirasiproletar.com-Pada kali ini AP.com akan membahas tentang faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk. Jumlah penduduk yang signifikan akan berdampak pada ekonomi yang tidak merata. Sehingga perlu sebuah upaya untuk mengatasi permasalahan pada penduduk di Indonesia.

Menurut Aidi (dalam Adhitya Wardhyana, 2020) ukuran populasi yang sangat besar tidak hanya membuat perencanaan pembangunan menjadi sulit bagi suatu negara, namun akan menimbulkan ancaman  yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. 

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk salah satunya yaitu, terlalu tinggi jumlah kelahiran memang menjadi masalah bagi banyak negara-negara berkembang di dunia. Semakin banyak  jumlah penduduk tanpa diiringi dengan peningkatan kualitasnya (Sumber Daya Manusia), akan terus memberikan pengaruh memburuknya kondisi perekonomian negara.

3 Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk


1. Adanya simbolik yang mengandung “kerancuan” dalam masyarakat

Hal pertama yaitu simbol atau pemaknaan kalimat “banyak anak, banyak rezeki” yang mengandung kerancuan. Penggunaan kalimat di atas berkontribusi dalam faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk, tidak jarang masyarakat Indonesia membenarkan kalimat tersebut.

Sejatinya anggapan tersebut belum tentu benar, karena terlalu banyaknya anak akan memperberat perekonomian, terutama bagi mereka kelas menengah kebawah. Banyaknya keturunan atau anak akan menghambat suatu investasi, di mana investasi tersebut  berpeluang dalam meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan sosial. Banyak-nya anak akan membuat kesulitan dalam manajemen keuangan, terutama untuk biaya pendidikan, dan lain-lain.

2. Kegagalan agen sosialisasi

Sosialisasi adalah suatu proses belajar seorang individu yang akan mengubah yang awalnya tidak tahu tentang dirinya dan juga lingkungannya menjadi lebih tahu dan memahami.

Adapun agen sosialisasi adalah suatu penyalur atau pembentuk yang mempengaruhi pola sikap dan pola perilaku. Agen sosialisasi pada bahasan disini adalah pemerintah. Pemerintah berkewajiban memberikan sebuah sosialisasi mengenai pembatasan atau menjaga tingkat kelahiran yang terlalu signifikan.

Kegagalan dalam penyaluran sosialisasi ini berkontribusi  pada faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk.

3. Pendidikan yang masih rendah

Dikutip dari Tirto.id, kondisi pendidikan Indonesia begitu memperihatikan. Indonesia ada di posisi ke-tujuh di ASEAN dengan skor 0,622. Skor tertinggi adalah Singapura, peringkat kedua adalah Malaysia kemudian Brunei Darussalam. Pada peringkat ke-empat adalah Thailand dan Filipina, keduanya memiliki skor yang sama.

Pendidikan rendah yang dimiliki rata-rata masyarakat Indonesia tentu menghambat pemberian sosialisasi yang diberikan pemerintah. Salah satu keberhasilan dalam sebuah upaya sosialisasi adalah tingkat pendidikan masyarakat yang akan mempengaruhi pada pola sikap dan pola perilaku.

Itulah 3 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk di Indonesia menurut Apirasiproletar.com. 

Post a Comment for "3 Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk"