Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Good Governance:di Pemerintah, Sekolah, Keluarga

Contoh good governance
Contoh Good Governance 

Aspirasiproletar.com-Good Governance merupakan suatu konsep tentang pengelolaan yang baik serta bertanggung jawab dalam pelaksanaannya. Good governance bukan merupakan konsep yang harus di terapkan pada pemerintah saja, namun dapat dilakukan pada sektor lain, misalnya sekolah dan juga keluarga.

Contoh good governance di lingkungan pemerintah:

  1. Membuka layanan informasi publik, terutama yang berkaitan dengan anggaran negara. Tujuannya adalah bahwa masyarakat dapat berpartisipasi dalam penciptaan kebijakan dan untuk mengetahui  langsung dalam proses manajemen APBD dan BUMN.
  2. Meningkatkan kualitas  birokrasi terutama di sektor pelayanan publik, baik pada SDM, sarana, dan prasarana. Tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, sebagai bentuk simbolik bahwa negara hadir untuk rakyatnya.

Contoh good governance di lingkungan sekolah, yaitu sebagai berikut;

  1. Implementasi sekolah di sekolah dilakukan melalui proses pendidikan yang baik. Tujuannya adalah bahwa sekolah dapat mencetak dan menghasilkan lulusan berkualitas. Selain itu, lulusan juga sesuai dengan salah satu indikator yang dibutuhkan oleh komunitas yang lebih luas, sehingga siswa dapat menyelam langsung ke dunia nyata untuk berkontribusi pada kehidupan masyarakat.
  2. Penerapan tata kelola yang baik di sekolah juga muncul dengan manajemen pengelolaan sekolah terbaik dan sekolah ini memiliki citra yang baik sebagai bagian dari masyarakat karena mampu menunjukkan tanggung jawab yang kuat.
  3. Tata pemerintahan yang baik di sekolah juga mampu meningkatkan partisipasi masyarakat, terutama dalam hal pengembangan sekolah melalui berbagai kegiatan atau proses yang diadopsi oleh penerapan prinsip-prinsip tata kelola yang baik.
  4. Contoh penerapan tata pemerintahan yang baik di sekolah terakhir, yaitu sekolah digunakan sebagai komunitas dan fasilitas pembelajaran untuk belajar tentang peran kepemimpinan sekolah.

Contoh good governance di lingkungan keluarga, yaitu sebagai berikut;

  1. Setiap anggota keluarga menerima hak dan kewajiban untuk melakukan berbagai kegiatan dan harus dapat bersatu bersama.
  2. Setiap anggota keluarga menerima kesempatan khusus untuk selalu dapat mengekspresikan pendapatnya, keinginan atau elemen merasa kurang sesuai dengan diri mereka sendiri sehingga musyawarahnya dapat dilakukan bersama.
  3. Dalam sebuah keluarga, setiap anggota harus belajar untuk menghargai, mendengarkan dan mentolerir orang lain untuk menciptakan kedamaian dan harmoni.
  4. Setiap anggota keluarga memiliki hak untuk memberikan solusi atau gagasan tentang masalah yang muncul dalam keluarga.

Diterapkannya  contoh good governance dengan baik, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan kepada suatu sistem. Dengan adanya suatu kepercayaan pada masyarakat/individu, maka akan meningkatkan kualitas legitimas atas kebijakan itu sendiri.

 

 

Post a Comment for "Contoh Good Governance:di Pemerintah, Sekolah, Keluarga"

Berlangganan via Email