Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 2 Cara Mengurangi Rasisme di Indonesia

 

Cara mengurangi rasisme

Cara Mengurangi Rasisme di Indonesia

AspirasiProletar.com- Permasalahan rasisme kian kompleks, perlu sebuah cara mengurangi rasisme di Indonesia.

Pada hakikatnya setiap manusia merupakan ciptaan Tuhan sebagai mahluk yang sama. Tuhan menciptakan manusia sebagai mahluk multikultur baik dari ras, etnis, suku, atau juga budaya.

Keragaman atau juga multikultur ini merupakan pemberian yang terindah dari Tuhan Yang Maha Esa. Bagaimana tidak, melalui keberagaman kita dapat mengenal satu sama lain. Dari pengenalan tersebut akan memunculkan sebuah pemahaman mengenai fungsi atau dampak positif dari keberagama itu sendiri.

Namun pada sebagian kalangan tidak dapat memahami tentang sebuah keberagaman, mereka mewujudkannya melalui tindakan rasisme.

Rasisme adalah suatu pola pikir dan pola perilaku yang menganggap suatu kelompok lebih baik dari pada kelompok lain, di mana dalam penilaiannya hanya berdasarkan ras, suku, agama, warna kulit saja.

Baca juga: 3 Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk

Sebagai contoh tindakan rasis yaitu dapat terlihat pada era perang dunia ke-2, yang mana kelompok fasisme (NAZI) melalui pemimpinnya yaitu Hitler menganggap bahwa ras Arya (kelompok yang berasal dari Jerman) merupakan sebuah ras kelompok yang lebih unggul dari pada ras kelompok lainnya.

Munculnya tindakan rasisme tentu akan menganggu sebuah kehidupan dalam suatu negara, terutama di Indonesia yang terkenal dengan multikulturalnya. Bahkan seringkali tindakan rasisme berujung pada suatu konflik yang memakan korban jiwa.

Lantas apakah ada cara untuk mengurangi rasisme?

Adapun cara untuk mengurangi rasisme menurut Aspirasiproletar.com akan diuraikan sebagai berikut:

  1. Sosialisasi tentang konsep kesetaraan

Hal yang pertama yang dapat dilakukan adalah pemberian sosialisasi, kegiatan sosialisasi tentang kesetaraan ini berfungsi sebagai bentuk edukasi. Sosialisasi merupakan suatu kegiatan untuk memberikan sebuah pemahaman yang sebelumnya tidak diketahui oleh individu atau kelompok.

Adapun konsep kesetaraan adalah suatu pola pikir yang menganggap bahwa suatu kelompok atau individu berhak mendapatkan kesetaraan, karena diciptakan sebagai mahkluk yang sama oleh Tuhan.

  1. Peng-implementasian konsep kesetaraan

Hal yang terakhir adalah penerapan konsep kesetaraan itu sendiri. Manusia adalah makhluk yang sama dan juga berbeda. Maksudnya manusia berhak mendapatkan kesetaraan sebagai mahluk yang sama dan juga multikultur pada  dalam suatu hal. Misalkan dalam hak untuk mendapatkan kehidupan yang layak dan juga hak untuk bebas dari tindakan diskriminasi.

Baca juga: Fakta Unik Serta Kisah Pilu Ellie Manusia Unik asal Afrika

 

Post a Comment for "Inilah 2 Cara Mengurangi Rasisme di Indonesia"

Berlangganan via Email